Tuesday, February 25, 2020

Ternyata Sudah 1 Dekade

Tahun 2019 aku tidak menulis apapun di sini. Biasanya, setidaknya saat momen ulang tahun aku tetap paksakan menulis. Tapi tidak dengan tahun lalu. Sesibuk itu? Hmm..
Aku hanya tidak tahu apa yang layak ditulis di sini. Aku merasa gagal menjadi lebih baik, gagal memperbaiki diri.

Mengenai momen ulang tahunku yang ke-28 pada September tahun lalu, aku memilih untuk menyembunyikannya. Akhirnya untuk pertama kalinya, aku menghadiahkan sepotong kue untuk diri sendiri,  memakannya tepat di jam 12 malam. Disusul beberapa hari kemudian kue dari sepupu dan teman-teman dekatku. Terima kasih sudah mengingat ya, Alhamdulillah.

Malam ini tiba-tiba aku throwback ke postingan awal blog ini, dari tahun 2009, ternyata sudah 1 dekade. Isinya tidak begitu banyak, tapi cukup untuk melihat aku bertumbuh melalu blog ini. Mulai dari baru masuk kuliah, jalan-jalan, galau-galaunya (masalah kuliah, magang, mau sidang, belum dapat pekerjaan, jodoh dan sebagainya). Wow!

Setiap pergantian tahun, penambahan usia, aku menulis dengan semangat, menyambutnya dengan penuh energi positif. Sudah mantap rasanya menghadapi yang lebih baik ke depan. Tapi tidak untuk hari ini, tahun ini. Aku memasuki awal tahun tidak dengan ekspektasi dan harapan apapun. Jalani saja yang ada sekarang.

Dulu aku selalu merasa 'masih ada waktu', 'tidak ada yang terlambat', 'semua berjalan sesuai waktunya'. Walau tak bisa dipungkiri, perubahan keadaan dan lingkungan di sekitar benar-benar tidak mendukung penyataan itu. Kini yang ada rasanya pasrah untuk bergerak. Jalan di tempat pun juga tak masalah. Aku sudah tidak mengerti harus bagaimana. Bahkan untuk mencoba pun, aku sudah tidak bersemangat.

Aku yakin dari dulu, kalau semua terjadi ada sebab dan akibatnya. Kenapa aku harus ada di sini, harus ada di sana, harus kenal dengan orang seperti ini, harus merasakan hal ini, harus bisa begini atau begitu, dan masih banyak lagi. Jawabannya nanti ada di depan. Tapi entah sejauh mana di depan itu, tidak akan ada yang tahu.


Selamat malam rabu, maaf kalau jadi sendu


DL


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...