Wednesday, May 28, 2014

Alasan Pake Gak Pake Jilbab

Assalamualaikum
Tiba-tiba aja hari ini aku kepikiran untuk ngebahas tentang jilbab. Atau sekarang yang lebih populer disebut hijab. Alhamdulillah sekali memang perkembangan jilbab sekarang begitu pesat, apalagi semenjak adanya komunitas hijabers yang stylish. Oke, tapi aku bukan mau bahas tentang komunitas itu, ataupun tentang fashion jilbab. Tapi, tentang alasan pake gak pake jilbab, kayak pertanyaan yang biasanya datang pada muslimah: "Kenapa belum mau pake jilbab?" atau "Kenapa mutusin buat pake jilbab?"

Sekarang juga lagi marak tulisan tentang "my hijab story". Ya, mereka menulis alasan kenapa akhirnya memutuskan untuk menggunakan jilbab. Mereka menulis cerita yang mereka alami, ataupun hidayah yang mereka dapat hingga akhirnya mereka pun menggunakan jilbab. Ceritanya beragam memang, dan semuanya luar biasa, dapat memberikan motivasi juga untuk yang belum berjilbab.

Kalau aku sendiri sih jarang yang nanya kenapa aku pake jilbab, karna aku pake jilbab dari TK. Yap, dari TK aku disekolahin di TK Islam gitu. Kalau anak TK Islam kebanyakan cuma pake jilbab pas di sekolah doang, aku tetep pake jilbab walopun jalan diluar sekolah. Mungkin kalian mikir, 'wah orangtua aku pasti ustad atau ustazah yang pake jilbab gede'. Big No!
Mama aku justru baru akhirnya 'beneran' pake jilbab pas aku TK itu. Sebelumnya jilbab mama aku cuma kayak penutup kepala, tapi lehernya keliatan. Suatu waktu aku yang masih lugu ngomentarin gaya jilbabnya mama aku, karna yang aku pelajari di sekolah, leher itu masih termasuk aurat.

Penampakan aku waktu TK nih haha


Alasan pertama kenapa aku bertahan pake jilbab pas TK itu adalah karna aku takut kalau lagi jalan-jalan keluar rumah ketemu sama guru aku di TK terus ditanya 'della jilbabnya kemana?'. Sangat simple, gak ada orang yang mau di judge kan? In case, aku tau kalau itu hal yang salah (buka jilbab diluar, dan cuma pake jilbab di sekolah). Della kecil mikirnya kalau gak mau di judge orang ya lakuin hal yang bener.

Alasan kedua-nya adalah karna waktu dulu itu anak kecil yang pake jilbab masih dikit banget. That's why, aku banyak dipuji karna aku beda dari anak lainnya. Siapa yang gak seneng dipuji coba? Malah, karna baju muslim buat anak masih susah, aku sering dijaitin baju muslim sama mama dan tanteku.

Alasan ketiga yang sekaligus menjadi alasan terakhir adalah NYAMAN. Kalau muslimah lain banyak yang sampai melalui tahapan spiritual ataupun mendapatkan hidayah. Agak iri sih sebenernya sama yang sampe punya cerita spiritual. Sedangkan aku pake jilbab karna memang aku udah terbiasa begitu. Jadi kalo dilepas ya berasa gak nyaman aja, berasa ada yang kurang gitu. Orang-orang kan pada taunya Della kecil yang pake jilbab, udah kayak jadi 'trademark-nya' aku dari dulu.

Sampai sekarang, karna aku ngerasa nyaman itu makanya sama sekali gak kepikiran buat lepas jilbab. Toh mama aku selalu ngedukung dengan beliin atau jaitin baju muslim yang lucu-lucu. Aku ikutin semua perkembangan busana muslim mulai dari jaman yang jilbab baju sama celananya sepadan satu set, jilbab topi-nya dannis (seneng banget akhirnya ada merek baju anak, lucu-lucu pula), terus jamannya jilbab gaul (dari jeans ketat sampe gombrong), dan sekarang jamannya hoodie dengan ciput ninja-nya. Aku selalu excited sama setiap perkembangannya.

Jadi aku juga pernah nanya alasannya ke temen aku yang baru pake jilbab:

1.  (sebut saja namanya Bunga)
Alasan gak pake: Awalnya dia mikir perbaikin hati dan perbuatannya dulu, baru dia mau pake jilbab. Atau katanya gini nih 'jilbabin dalemnya dulu (hati), baru jilbabin luarnya'.

Alasan pake: Setelah dia pikir dan renungkan lagi, justru dengan dia pake jilbab dari sekarang, dia jadi bisa membentengi diri dari hal-hal yang gak baik. Misalnya, kalau dulu dia dengan gampangnya meluk pacarnya, sekarang dia malah gak mau sama sekali karna udah pake jilbab.

2. (sebut saja namanya Bulan)
Alasan pake: Dia cerita kalau dia sempet mimpi gitu. Mimpinya agak serem sih, kalau tiba-tiba aja ajal menjemput, dan dia masih aja menunda-nunda untuk pake jilbab. Jadi dimimpinya itu dia berasa kayak bakal meninggal gitu sampe sesak nafas. Dia berusaha terus buat bangun, sampe akhirnya dia nazar, kalau dia bisa beneran bangun dan masih dikasih hidup sama Allah pagi ini, dia bakal langsung pake jilbab. Dan yap, Alhamdulillah dia bangun dengan sehat wal afiat.

Alasan gak pake: Dia bilang dia pengen ngelanjutin kuliah di luar negri. Dan dia gak mau jilbab itu nanti malah menghalangi pergaulan dia selama disana. Akhirnya dia browsing2 internet, dan menemukan banyak cerita muslimah berjilbab yang kuliah di luar negri. Malah muslimah ini merasa terjaga dan terlindungi dengan memakai jilbab, dia merasa lebih dihormati dan terhindar dari perlakuan yang macem-macem.

Nah, untuk muslimah berjilbab yang ada rencana kuliah ke luar negri dan punya kekhawatiran yang sama dengan temen aku diatas. Kamu bisa liat sudut pandang New York on Hijab berikut ini:



3. (sebut saja namanya Bintang)
Alasan pake: Kalau yang ini pake jilbabnya cuma pas ke kampus aja. Katanya karna udah kebiasaan dari awal masuk kuliah pake jilbab, jadi berasa aneh aja kalo tiba-tiba dia lepas. Apalagi para dosen pada taunya dia ya 'yang pake jilbab'.

Alasan gak pake: Jilbab dianggap membatasi kegiatannya di luar kampus, kayak gak bisa ikut modelling atau gak bisa ikut modern dance. Terus, juga bisa membatasi pergaulannya sama cowok, ditambah lagi gak enak diliat orang kalau pake jilbab pulangnya larut malam.

Sesama muslimah memang harus saling mengingatkan, tapi ya gak sampe nge-judge yang nyakitin perasaan juga. Apapun alasan untuk pake ataupun gak pake jilbab, kita sebenarnya hanya sama-sama sedang berproses, sama-sama berusaha untuk menjadi muslimah yang lebih baik lagi. Entah udah sampe mana tahapan proses itu, hanya diri kita sendiri yang tau.

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...