Friday, September 5, 2014

Kronologi & Skenario Pencopetan di Jalan, ATM, dan Angkot

"Kejahatan terjadi bukan hanya karna ada niat pelakunya, tapi juga karna ada kesempatan! Waspadalah, waspadalah!"

Familiar dengan ungkapan diatas?  Berhubungan dengan ungkapan tersebut aku mau sharing dikit nih tentang kejadian yang pernah aku alamin. Bisa dibilang pencopet sekarang emang rada niat, sampai punya "Copet Team" berikut kronologi & skenario dalam menjalankan aksi pencopetannya.

1. Copet di Jalan 

Kronologinya: 
Sekitar tahun 2009 sepulang bimbel aku sama temenku main dulu ke BIP. Aku pake tas ransel, sesekali aku ngecek hape kalo2 ada pesan atau telfon masuk. Hape aku taro di kantong luar ranselku. Pas mau balik, aku harus jalan dikit dulu ke simpang buat naik angkot kalapa-dago. Di perjalanan menuju persimpangan itu aku ngerasa kayak ada yang ngikutin. Tapi aku mikir kan di belakang ada temen aku, jadi kalo ada yang mau ngapa-ngapain pasti temen aku liat.

Sampe depan gramedia merdeka, ada bapak-bapak yang ngalangin jalan aku. Dia menghadap ke arah gramedia. Aku jalan ke kiri dia ke kiri juga, aku ke kanan dia ke kanan juga. Terus aku jadi penasaran noleh ke arah gramedia juga yang ternyata gak ada apa-apa. Pas udah nyampe simpang dan mau naik angkot, banyak yang neriakin aku, "Neng neng, hapenya ilang ga? Coba cek dulu".
Aku liat kantong luar tas aku resletingnya udah kebuka, dan hape aku gak ada disana! Lantas bapak itu menunjukkan hape yang dia ambil dari tangan si copet. Bener, itu hape aku! Sementara si copetnya lagi diseret-seret sama bapak-bapak itu. Ternyata bapak-bapak itu pedagang asongan dan pedagang kaki lima yang berjualan di sekitar BIP, dia ngeliat pas si copet ngambil hape dari tas aku. Copetnya berdua, yang satu berhasil kabur. Aku pun digiring ke Pos Polisi terdekat bersama si copet.
Di Pos Polisi aku udah deg-degan banget, si copet kayanya sempet dipukul juga sama bapak-bapak pedagang itu. Pak Polisi pun nginterogasi si copet. Lalu aku nelpon abang dan omku. Aku gak tau omku ngomong apa ditelfon sama Pak Polisi, yang jelas copetnya akhirnya dilepas.

Temen aku yang nunggu diluar Pos Polisi bilang kalo bapak-bapak pedagang yang nolongin aku itu ternyata geram karna kawasan BIP udah mulai bersih dari pencopetan. Dulunya malah yang suka nyopet itu pedagang2, tapi sekarang udah gak ada lagi pedagang yang sambilan nyopet. Jadi ya mereka kayak sakit hati gak terima gitu, ntar malah ujung-ujungnya mereka lagi yang dituduh nyopet. Bahkan mereka ngancem bakal ngehakimin si copet rame-rame kalo dilepas. Ish serem.

Skenarionya:
Copet 1 nyari sasaran, dia kayanya udah ngintai dari sebelumnya. Mungkin dari pas didalem BIP gerak gerik aku udah diikutin sama dia. Jadi dia tau dimana aku naro hape. Abis itu nyampe luar BIP copet 2 ngalihin perhatian aku dengan berdiri di depan aku, ngalangin jalan sambil ngeliat ke arah gramedia (seolah ada sesuatu yang menarik disitu).  Pas aku cari jalan ke kiri dia ke kiri juga, aku ke kanan dia ke kanan juga. Sampe akhirnya aku ikut noleh ke arah gramedia (nah ini waktunya copet 1 yang berada dibelakangku buat ngambil hape dari ranselku).

Bapak-bapak pedagang itu cerita kalo dia gak sengaja liat kejadian itu. Setelah berhasil ngambil hapeku, copet 1 menyerahkan hapeku ke copet 2 yang tadi ngalangin jalan. Lantas copet 2 langsung dikeroyok sama pedagang2, sementara copet 1 berhasil kabur. Aku sampe sekarang inget banget kepala botak si bapak copet, pengen jitak banget!

Pelajaran: 
Aku ceroboh naro hape di kantong luar, tas ransel pula. Harusnya taro hape di tempat yang kira2 sulit dijangkau. Pake ransel di keramaian gitu ya lebih baik sandangnya di depan aja. Terus, kalo gak penting2 amat gak usah deh liat-liat hape, karna kita gak tau kan kalo ternyata ada copet yang lagi nyari kesempatan. Cari tempat yang rada aman dan gak terlalu ramai dulu, baru deh buka hape.

2. Copet di ATM

Kronologinya: 
Waktu itu aku lagi belanja di Kings, aku butuh ke ATM buat ngambil duit. Tapi ATM nya gak ada didalem Kings-nya, jadi harus keluar dulu deket parkiran. Ngantri bentar, lalu aku pun masuk bilik ATM bareng temen aku. Pas udah beres ngambil duitnya, Kartu ATM aku gak keluar. Aku coba terus tekan cancel tapi tetep gak keluar. Temen aku nyaranin buat telfon Call Centre yang tertempel di Mesin ATM. Akhirnya aku telfon dan yang ngangkat mas-mas gitu, dia mengarahkan aku menekan sejumlah tombol lalu tekan cancel. Kartunya tetep gak keluar. Lalu dia mengarahkan menekan nomer lain pun masih tetep gak keluar. Aku kan jadi tambah panik. Bego-nya aku pas ditanya nomer pin, tanpa pikir panjang malah aku kasih tau -____-.

Singkatnya ya Call Centre itu palsu. Mama aku udah dateng ke kantor Bank untuk memblokir ATM aku tapi terlambat. Uang jajan bulananku yang baru dikirim, ludes semua diambil. Cuma bisa nangis sambil minta maaf ke Papa Mama karna aku ceroboh dan gak hati-hati.

Skenarionya:
Mungkin yang ngantri sebelum aku itu masih 'team' dari pencopetnya. Jadi dia udah masang sesuatu sehingga kartu yang masuk gak bisa keluar lagi. Dia juga menempel nomer Call Centre palsu di mesin ATM. Tulisan nomer Call Centre dibuat se-meyakinkan-mungkin dengan background warna tulisan sesuai dengan warna identik dari Bank tersebut.

Salah seorang dari team copet yang bersuara 'enak didengar' lah yang bertugas melayani telfon masuk. Suaranya pun meyakinkan banget layaknya suara mas-mas Call Centre yang baik hatinya. Dia gak langsung menanyakan nomer pin, namun mengarahkan untuk menekan sejumlah nomer lalu cancel (bisa jadi itu nomer malah bikin kartunya makin gak mau keluar, entahlah). Sesekali dia bilang dengan ramahnya, "Jangan panik ya buk, tenang saja, saya akan membantu" (Yang ada juga saya yang bantuin kamu nguras ATM saya mas). Sampe akhirnya dia nanya nomer pin, dan selanjutnya menyarankan agar mendatangi Kantor Bank terdekat.

Setelah aku keluar ATM, 'team' nya pun masuk dan mengambil semua uangku dengan pin ATM yang udah aku sebutin tadi. Huft

Pelajaran:
Usahakan jangan panik yang berlebihan. Mending langsung datengin Kantor Bank terdekat aja buat blokir ATM segera. Terakhir, PIN ATM yang boleh tau tuh cuma kita sendiri doaaang. Orangtua yang ngirim duit aja gak tau PIN kita, ya apalagi pegawai Bank-nya. Sungguh bego banget emang, maklum waktu itu aku baru-baru punya ATM.

3. Copet di Angkot 

Kronologinya:
Tahun lalu pas aku mau reunian sama sahabat SMA aku di PA, aku janjian pergi bareng naik angkot sama salah satu sahabat aku, sebut saja namanya Metha. Metha duduk dibelakang supir, aku disebelahnya. Angkot itu kebanyakan penumpangnya siswi sekolah. Setelah melewati kantor pos dan SMA 1, ada bapak tua naik, dia duduk awalnya di bangku 5 deket pintu keluar, lalu pindah ke samping aku (gak samping aku banget sih, samping kiri aku banget ada cewe, baru sebelahnya bapak itu). Kebetulan aku duduk deket jendela yang kebuka. Pas di ratulangi ada yang naik lagi, sampe akhirnya angkot pun penuh. Si bapak tua ini kerjaannya ngeludaaaah mulu ke jendela yang dibelakang aku. Dia batuk sedikit, lalu ngeludah, begitu terus. Karna jijik akhirnya aku duduknya agak majuan dikit. Aku pun lanjut ngobrol sama Metha.

Tiba-tiba kok rasanya kayak ada yang gerak ya di tas. Aku pake tas selempang kecil, posisi tas di paha aku. Tapi perasaan itu gak terlalu aku gubris, karna lagi-lagi perhatian aku tertuju sama si bapak tua yang ngeludah mulu ke jendela. Takut ntar ludahnya keciprat di jilbab aku. Akhirnya pas nyampe aku pun turun. Pas Metha lagi bayar ongkos, aku ngerasa tas aku kok ringan bener. Isinya emang cuman dompet sama payung. Dompet aku cukup berat karna kebanyakan recehannya. Pas aku cek, dompet aku gak ada.

Jangan2 perasaan gak enak aku tadi itu bener. Aku masuk lagi ke dalam angkot melihat-lihat ke bawah kolong bangku. Ada yang nanya "nyari apa dek?", aku jawab dengan cepat "dompet". Entah kenapa aku yakin dompet aku diambil bapak yang duduk di bangku cadangan di depan aku. Bapak itu udah pindah duduk ke bangku 7. Sembari celingak celinguk ke kolong kursi, aku coba angkat tas ransel item si bapak itu. Dia kayak berusaha menutupi. Aku jadi makin yakin dia yang ngambil, tapi aku takut kalo2 dompet aku udah dia masukin ke ranselnya (yakali aku suruh dia buka ransel).

Sekali lagi aku coba angkat ransel itemnya ke atas dengan kuat. Yap, itu dia! Dompet aku masih dia pegang di bawah ranselnya. Dengan cepat aku langsung ambil dompet aku dari tangannya. Lalu tiba-tiba recehanku berserakan dimana-mana. Semua yang diangkot ikut nolong beresin recehanku (termasuk yang nyopet). Setelah selesai aku bilang "makasih pak". Lantas aku pun pergi dari angkot tersebut. Seluruh penumpang angkot udah pasti menyaksikan peristiwa itu.

Pas mau masuk PA, ada bapak menghampiri dan nanya "yang hilang apaan nak", terus aku jawab "gak ada". Bapak itu nanya lagi, "yang dicopet apaan", terus aku jawab "dompet pak". Bapak itu lalu mengingatkan aku agar jangan melawan pencopetnya, karna katanya pernah ada kejadian korban sampe ditusuk karna ngelawan pencopet. Dalem hati aku bilang "lah siapa yang ngelawan, orang cuma mau ngambil dompet balik doang, udah, aku juga gak teriak copet, gak lapor polisi pula".

Skenarionya:
Team copet di angkot ini masuk angkotnya gak langsung barengan. Bapak tua yang ngeludah mulu masuk duluan, duduk di bangku yang buat 5 orang (sebut saja bangku 5), tapi yang diujung deket pintu. Gak jauh dari sana bapak yang bawa ransel item naik dan duduk di bangku cadangan depan aku. Terakhir naik bapak yang duduk di bangku cadangan paling luar deket pintu. Nah, bapak yang masuk terakhir ini, nyuruh siswi yang di bangku 7 geser, biar si bapak tua pindah ke samping kiri cewe yang disamping aku. Katanya kasian si bapak tua yang batuk-batuk ini kalo duduk diujung deket pintu, ntar jatoh. Akhirnya karna angkot itu penuh, mau geser juga sempit gak muat, siswi itu jadi tukeran duduk sama si bapak tua (jadinya posisinya samping kanan aku Metha, samping kiri aku cewe, baru sebelahnya bapak tua).

Bapak tua ini ngebuka jendela dibelakang aku lebar-lebar, batuk, ngeludah, batuk, ngeludah lagi. Cewe disamping kiri aku disuruh rada majuan ke depan, aku pun majuan juga. Jorok sih. Nah, pas aku majuan ini nih, bapak yang bawa ransel item yang duduk di depan aku, pelan-pelan naro ranselnya diatas tas selempang kecil aku, dan mulai deh tangannya beraksi dibawah ransel itemnya. Sementara itu perhatian aku tetep sama si bapak yang ngeludah. Aku sibuk ngomel-ngomel sama Metha, bilang kalo si bapak itu jorok banget, kalo jilbab aku kena cipratan ludah dia gimana. Iyuuuuh banget kan. KZL!

Oiya, aku baru inget, bapak terakhir yang nyamperin aku pas udah turun angkot (yang ngingetin biar aku gak ngelawan pencopet), bisa jadi dia juga 'team-nya'. Dia duduk di bangku paling depan di samping supir (aku inget dia duduk di samping supir karna ada perban luka di mukanya). Mungkin dia bertugas memastikan aku gak lapor polisi. Dan juga seolah nakut-nakutin aku biar kalo dicopet lagi jangan ngelawan (sekali lagi, siapa yang ngelawan paaaak? Aku gak mukul, gak dorong, gak teriak juga. Cuma diem, ngambil dompet. Malah di akhirnya aku bilang makasih)

Pelajaran:
Lagi-lagi pasti selalu ada yang bertugas 'mengalihkan perhatian'. Jangan terlalu fokus atau termakan sama pengalihan perhatian ini. Atau mungkin lebih baik bersikap gak peduli aja. Ya mau itu jorok atau apapun yang menarik perhatian dan emosional kita, sebaiknya cukup tau aja lalu gak usah dipeduliin. Terus, jangan terlalu keasikan ngobrol sama temen di angkot, tetep perhatiin sekitar, tetep waspada. Terakhir, tas dipeluk!

Sekian cerita menyuramkan dari aku. Aku harap gak sampe kejadian di kamu yang baca. Saran aku dari semua kisah ini adalah: Dengerin hati kecil kamu! Kalo tiba-tiba terlintas perasaan gak nyaman atau kecurigaan, jangan diabaikan! Segera tanggapi dengan cari tempat/posisi yang kamu rasa aman.
Tetep waspadalah, waspadalah!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...